1. Faktor-faktor yang menjadi pertimbangan untuk
memilih badan usaha yang akan didirikan, adalah :
-
Jenis usaha yang dijalankan(perdagangan , industri , dll)
-
Ruang lingkup usaha
-
Pihak – pihak yang terlibat dalam kegiatan usaha
- Besarnya resiko kepemilikannya
-
Batas-batas pertanggungjawabannya
-
Besarnya investasi yang ditanamkan
-
Cara pembagian keuntungan
-
Jangka waktu pendirian perusahaan
-
Peraturan – peraturan pemerintahan
2. Orang cenderung merubah bentuk perusahaan perseorangan kebentuk usaha perseroan terbatas (PT) karena modalnya terdiri dari saham-saham yang dapat diperjual belikan. Kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan sehingga memiliki harta kekayaan sendiri. Pemilik saham mempunyai tanggung jawab yang terbatas , yaitu sebanyak saham yang dimiliki. Apabila utang perusahaan melebihi kekayaan perusahaan , maka kelebihan utang tersebut tidak menjadi tanggung jawab para pemegang saham. Apabila perusahaan mendapat keuntungan , maka keuntungan tersebut dibagikan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan .
3. Bentuk usaha koperasi cocok dengan bentuk usaha rakyat indonesia ,karena landasan negara Indonesia adalah gotong royong.Berdasarkan pengalaman, kegiatan saling membantu (gotong royong, solidaritas, dan perhitungan ekonomi) diantara individu dan usaha akan lebih berhasil mengatasi permasalahan baik sosial maupun ekonomi. Apalagi dalam menghadapi ekonomi pasar dimana persaingan pasar sangat ketat akan menyebabkan UKM semakin tidak berdaya. Dalam ketidak berdayaan ekonomi seperti ini kekuatan-kekuatan ekonomi seperti usaha besar akan menguasai UKM baik dalam pemasaran hasil produksi maupun dalam penyediaan sarana-sarana produksi.
Hal ini menyebabkan usaha-usaha kecil dan menengah harus bergabung dalam
suatu wadah (organisasi), dengan saling membantu dan bekerja sama tidak
saja untuk menghadapi oligopolies dan monopolis, tetapi juga untuk meningkatkan
kemampuan berproduksi dan memasarkan hasil produksinya. Organisasi tersebut dinamakan
koperasi. Dalam bab ini akan diuraikan sejarah perintisan perkembangan
organisasi koperasi yang dimulai dari Eropa dan disebar luaskan keseluruh dunia
termasuk Indonesia.
Para pelopor koperasi telah berhasil memprakarsai organisasi-organisasi koperasi dan mengembangkan gerakan koperasi, gagasannya dan mengembangkan struktur organisasi koperasi tertentu terutama yang dapat diadaptasikan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan, kepentingan-kepentingan khusus dan pada situasi nyata dari kelompok-kelompok orang-orang yang berbeda lingkungan ekonomis dan social budaya.
4. Usaha-usaha yang sedang maju saat ini , yaitu :
a.
Pembuatan Gadget , diantaranya : SAMSUNG , IPHONE
, OPPO , SMARTFREN , dll
Usaha ini bergerak dibidang elektronik.
b.
Pembuatan Mobil , diantaranya : TOYOTA , NISSAN
, DAIHATSU ,HONDA , dll
Usaha ini bergerak dibidang Transportasi.
c.
Pembuatan Pakaian , diantaranya : UNI QLO ,
BALENO , dll
Usaha ini bergerak dibidang pakaian.
d.
Pembuatan Sepatu , diantaranta : NIKE ,VANS ,
ADIDAS , dll
Usaha ini bergerak dibidanng sepatu.
e.
Pembuatan Kosmetik , diantaranya : NU SKIN ,
WARDAH , dll
Usaha ini bergerak dibidang kosmetik.
f.
Pembuatan Semen , diantaranya : Semen padang ,
semen tiga roda , semen Holcim , dll
Usaha ini bergerak dibidang alat bangunan.
g.
Pembuatan Tas , diantaranya : ELISABETH ,
BUCHERRY , ZARA , dll
Usaha
ini memproduksi pembuatan tas.
Nama kelompok :
1. Anetyas Thuang San (21214184)
2. Fitria Rahmawati (24214341)
3. Maya Apriyani (26214498)
4. Nurlaela Phoneo (28214227)
5. Ratih Wulandari (28214943)
Kelas : 1EB41
Kelas : 1EB41
Tidak ada komentar:
Posting Komentar