Rabu, 29 Oktober 2014

TUGAS 3

1.        Apa yang dimaksud dengan perusahaan dan lingkungan perusahaan dan berikan contohnya ,min 4!

Kalau Perusahaan adalah suatu unit kegiatan yang melakukan aktivitas pengolahan faktor-faktor produksi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat, mendistribusi serta melakukan upaya lain dengan tujuan memperoleh keuntungan dan memuaskan kebutuhan masyarakat. Atau suatu unit kegiatan ekonomi yang di organisasikan dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan, sedangkan lingkungan perusahaan yaitu sebagai keseluruhan dari faktor faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya.

Contoh perusahaah
a.     Perusahaan Perseorangan


Dikelola, dimiliki dan diawasi oleh satu orang keuntungan dan resiko ditanggung satu orang ,Contoh : UD, Toko, Bengkel dan lain-lain.

 

b.    Firma

 

Didirikan oleh beberapa orang, dengan memakai nama bersama atau satu nama untuk bersama.

 

c.     Persekutuan  Komanditer


Merupakan perluasan dari perusahaan Perseorangan dimana didirikan oleh beberapa orang yang menyerahkan dan mempercayakan untuk di pakai dalam persekutuan.

 

d.   Perseroan Terbatas/PT
 

            Suatu badan yang mempunyai kekayaan, hak, serta kewajiban sendiri yang terpisah dari kekayaan.

 

Contoh lingkungan perusahaan :

 

a.     Sumber Daya Alam

 

b.    Hukum

 

c.      Perekonomian

 

d.    Pendidikan dan kebudayaan

 

e.     Sosial dan budaya

 

 

2.        Apa yang membedakan perusahaan dan lembaga sosial , berikan contohnya min 5!

 

Kalau perusahaan Perusahaan biasanya bersifat komersil, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan tujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya, sedangkan Lembaga sosial lebih bersifat sukarela, yaitu menawarkan barang dan jasa dengan niat untuk menolong dan membantu tanpa mencari keuntungan. Biasanya lembaga sosial menawarkan jasa.

 

Contoh perusahaan :

 

a.       PT / Perseroan Terbatas

 

b.      Perusahaan Perseorangan

 

c.       Firma

 

d.      Persekutuan Komanditer

 

e.       Perusahaan Dagang

 

 

 

Contoh lembaga sosial :

 

a.         Lembaga sosial yang memenuhi kebutuhan pendidikan misalnya,

 

  SD,SMP,SMA,Perguruan Tinggi,Pesantren,dll.

 

b.         Lembaga sosial yang berusaha memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup, memproduksi, menimbun, dan memdistribusikan barang. Contoh: pertanian, perikanan, perternakan, koprasi dan perdagangan.

 

c.         Lemaga sosial yang bertujuan mengurus kebutuhan jasmani manusia (somatic institution) contoh: pemeliharaan kesehatan, kecantikan, dan kedokteran.

 

d.        Lembaga sosial yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan untk mengatur kehidupan berkelompok serta bernegara (political institution) contoh: pemerintahan, kepolisian, kehakiman, dan partai politik.

 

e.         Lembaga sosial yang bertujuan memenuhi kebutuhan ilmiah manuaia (scientific institution) Contohnya: ilmu pengetahuan, metode ilmiah, dan penelitian.

 

 

 

3.      Jelaskan perbedaan antara letak dan tempat kedudukan perusahaan ,berikan contoh min 2 !

 

Kalau letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau    pabrik dipengaruhi oleh faktor ekonomi, untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya sedangkan kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut yang dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga lainnya.

 

Contoh letak perusahaan,meliputi:

 

-          Letak perusahaan yang terkait pada alam : Letak perusahaan ini sangat ditentukan oleh ketersediaan sumber dari alam. Sebagai contohnya : Perusahaan Tambang, Perminyakan.

 

-          Letak perusahaan berdasarkan sejarah: Dalam hal ini perusahaan menjalankan aktivitasnya di daerah tertentu karena alasan yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah. Sebagai contoh Perusahaan Batik Solo dan Yogyakarta.

 

Contoh kedudukan perusahaan,meliputi:

 

-          Perusahaan pertanian harus terletak pada daerah yang sesuai jenis tanaman yang dikembangkan dan berlahan subur

 

-          Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang ekstraktif, seperti pertambangan harus terletak pada lokasi pertambangan

 

 

 

4.      Tunjukkan perbedaan antara lingkungan eksternal mikro dan makro dalam dunia usaha (jelaskan dengan contoh) !

 

Kalau lingkungan eksternal mikro adalah persaingan, yaitu: kekuatan tawar pemasok, ancaman pendatang baru, kekuatan tawar pembeli, ancaman produk atau jasa pengganti, sedangkan lingkungan eksternal makro adalah kekuatan politik dan hukum, kekuatan ekonomi, kekuatan teknologi, kekuatan sosial, faktor demografi.

 

Contoh Lingkungan Eksternal Mikro perusahaan meliputi :

 

a.       Para pesaing

Lingkungan persaingan perusahaan tercemin dari tipe , jumlah dan norma – norma perilaku organisasi pesaing. Dengan pemahaman akan lingkungan persaingan yang dihadapinya , organisasi dapat mengetahui posisi persaingannya  sehingga lebih mampu mengoptimalkan operasi – operasinya.

 

b.      Langganan

Strategi kebijaksanaan dan taktik pemasaran perusahaan sangat tergantung situasi pasar dan langganan. Analisa langganan berguna untuk mengantisipasi perubahan perilaku pasar atau langganan dan mengarahkan pengolakasian sumberdayanya sesuai kebutuhan dan keinginan langganan.

 

c.       Pasar tenaga kerja

Organisasi memerlukan sejumlah karyawan dengan berbagai bermacam – macam  ketrampilan , kemampuan , dan pengalaman/ Kemampuan menarik dan mempertahankan karyawan yang cakap merupakan kebutuhan prasyarat bagi perusahaan yang sukses .

 

Ada tiga faktor yang paling berpengaruh terhadap  pemenuhan kebutuhan karyawan perusahaan, yaitu reputasi perusahaan di mata angkatan kerja, tingkat pertumbuhan angkatan kerja dan tersedia            nya tenaga kerja yang dibutuhkan.

 

d.      Lembaga keuangan

Organisasi tergantung pada bermacam-macam lembaga keuangaan untuk memperluas kegiatan-kegiatannya . Kebutuhan akan dana dari lembaga-lembaga keuangan tersebut dapat jangka pendek untuk membelanjai operasi-operasinya atau jangka panjang untuk membangun fasilitas baru dan membeli peralatan baru.

 

e.       Para penyedia

Setap organisasi sangat tergantung pada sumber-sumber dari sumber daya untuk memenuhi kebutuhan baku (mentah) , bahan pembantu, pelayanan energi , dan peralatan yang digunakan untuk memproduksi keluaran.

 

f.       Perwakilan pemerintah

Hubungan organisasi dengan perwakilan-perwakilan pemerintah berkembang semakin komples. disamping merupakan atau menjadi para penyedia dan kreditur bagi perusahaan, juga menetapkan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi organisasi , prosedur-prosedur perijinan dll.

 

Contoh  Lingkungan Eksternal Makro perusahaan meliputi :

 

a.     Teknologi

Dalam setiap masyarakat atau industri , tingkat kemajuan memainkan peranan yang berarti . Sebagai contoh kemajuan teknologi akan menurunkan permintaan akan manajer- manajer menengah dan lini pertama, Banyak perusahaan sekarang menggunakan komputer untuk meramalkan operasi-operasi dan schedulin produksinya , dimana pada waktu yang lalu dilakukan oleh fungsi – fungsi manajemen menengah. Inovasi teknologi dapat juga menimbulkan posisi persaingan baru dalam industri – industri yang berbeda. Ini semua menuntut manajer perusahaan bersikap tanggap terhadap tantangan – tantangan dan mampu memanfaatkan kesempatan yang ada. Manajer perlu senantiasa menaksir arah perkembangan teknologi dan memperkirakan perngaruhnya pada organisasi atau melakukan peramalan teknologi.

 

b.    Ekonomi

Para manajer akan selalu terlibat dengan masalah-masalah biaya sumber daya sumber daya yang dibutuhkan dalam organisasi. Biaya ini berubah-berubah setiap waktu karena pengaruh faktor – faktor ekonomi. Sehingga manajer senantiasa perlu menganalisa dan mendiagnosa faktor – faktor ekonomi, seperti kecenderungan inflasi atau deflasi harga-harga barang dan jasa, kebijaksanaan moneter, dan kebijaksanaan fisikal dll, jadi manajer perusahaan harus mencurahkan waktu dan sumber daya untuk melakukan peramalan ekonomi dan antisipasi perubahan harga.

 

c.     Lingkungan sosial kebudayaan

Merupakan pedoman hidup yang menentukan bagaimana hampir seluruh organisasi dan manajer harus beroperasi . Lingkungan ini mencakup kepercayaan , nilai-nilai, sikap-sikap, pandangan serta pola kehidupan yang dibentuk oleh tradisi , pendidikan, kelompok , ethnis, teknologi , demografi, geografis, serta agama dan kepercayaan dari sekelompok atau seluruh masyarakat tertentu. Pengaruh dari pedoman hidup ini dapat sangat luas atau felatif sempit . Misal, batasan bagi pekerja wanita mungkin hanya berlaku disuatu daerah, tetapi dapat juga berlaku secara nasional

 

d.    Dimensi Internasional

Komponen Internasional dalam lingkungan eksternal juga menyajikan kesempatan-kesempatan dan tantangan-tantangan serta mempunyai potensi menjadi faktor yang berpengaruh langsung pada operasi perusahaan. Kekuatan-kekuatan internasional ini berpengaruh melalui perkembangan politik dunia, ketergantungan ekonom transfer teknologi. Lebih sempit lagi, kekuatan ini berwujud misalnya keterrgantungan sumberdaya impor, keadaan resesi, persaingan dengan perusahaan – perusahaan multinasional, tingkat pertukaran mata uang asing dsb. Maka hendaknya manajer mampu menanalisa dan mengantisipasi untuk kemudian meletakkan dasar yang kuat dalam menghadapi perkembangan dunia internasional.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar